Rabu, 09 Januari 2013

Computer Networking

Jawaban: Dalam dunia komputer, jaringan adalah praktek menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer bersama-sama untuk tujuan berbagi (sharing) data serta berbagai manfaat lainnya (resources). Jaringan dibangun dengan perangkat keras komputer (hardware) atau fisik dan perangkat lunak komputer (software) logik.

Area Jaringan
Jaringan komputer dapat dikategorikan berdasarkan beberapa kriteria,  salah satunya yang sering kita temui adalah berdasarkan luas area, contohnya seperti LAN (Local Area Network) biasanya skala kecil/ruang tertutup seperti rumah, ruang kantor, kelas dsb. Contoh lain adalah WAN (Wide Area Network), skala jaringan WAN sangat luas, biasanya mencapai antar kota, negara bahkan di seluruh dunia. Internet adalah WAN terbesar di dunia. Kategori berdasarkan area akan dibahas lebih lanjut lagi di pembahasan berikutnya.

Pola pengoperasian Jaringan

Jaringan komputer juga dibedakan berdasarkan pola pengoperasian, maksudnya adalah berdasarkan fungsi jaringan itu sendiri. berdasarkan kriteria ini fungsi jaringan dibedakan menjadi 2 yaitu client-server dan peer-to-peer. Client-server berarti jaringan komputer yang salah satunya (bisa lebih) difungsikan sebagai server untuk melayani komputer lain. Client adalah komputer yang dilayani oleh server. biasanya layanan yang diberikan server berupa akses web, e-mail, file dll. Sedangkan jaringan peer-to-peer (P2P) adalah kebalikan dari client-server yaitu setiap komputer bisa menjadi server sekaligus client. Client-server biasanya digunakan untuk keperluan umum/luas/bisnis sedangkan peer-to-peer digunakan untuk keperluan pribadi, lebih umum digunakan di rumah.

Topologi Jaringan

Topologi juga bisa merupakan kriteria pembeda dari sebuah jaringan, topologi merupakan sebuah pola penghubungan jaringan komputer. contoh topologi komputer: Bus, ring, star, extended star, hierarchical dan mesh.
Protokol Jaringan

Pada jaringan, bahasa komunikasi yang digunakan oleh perangkat komputer disebut protokol. Namun cara lain untuk mengklasifikasikan jaringan komputer adalah dengan seperangkat protokol yang mereka dukung. Jaringan sering menerapkan beberapa protokol untuk mendukung aplikasi tertentu. Protokol populer termasuk TCP / IP, adalah protokol yang paling umum yang ditemukan di Internet dan di jaringan rumah.
Wired vs wireless networking

Banyak protokol jaringan yang sama, seperti TCP / IP, bekerja di kedua jaringan kabel dan nirkabel. Jaringan dengan kabel Ethernet didominasi dalam bisnis, sekolah, dan rumah selama beberapa dekade. Meskipun baru-baru ini, alternatif jaringan nirkabel telah muncul sebagai teknologi utama untuk membangun jaringan komputer baru.

0 komentar: